Home SPORT

Dortmund vs Real Madrid di Final Liga Champions!

Bakti M. Munir
Pemain Real Madrid merayakan kemenangan setelah memastikan lolos ke final Liga Champions seusai mengalahkan Bayern Munchen 2-1 di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5/2024) dini hari WIB. (Foto: X/@realmadrid)
Pemain Real Madrid merayakan kemenangan setelah memastikan lolos ke final Liga Champions seusai mengalahkan Bayern Munchen 2-1 di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5/2024) dini hari WIB. (Foto: X/@realmadrid)

MADRID, Quarta.id– Final Liga Champions akan mempertemukan Borussia Dortmund versus Real Madrid. Kedua tim akan berlaga di partai puncak pada Minggu (2/6/2024) dini hari WIB di Stadion Wembley, London.

Real Madrid lolos ke final setelah mengalahkan tim tamu Bayern Munchen 2-1 (agregat 4-3) di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5/2024) dini hari WIB.

Sehari sebelumnya, Dortmund sudah memastikan satu tiket final setelah mengalahkan tuan rumah Paris Saint Germain 1-0 di Stadion Parc Des Princes (agregat 2-0).

BACA JUGA: Madrid Unggul Rekor dan Lebih Favorit Maju ke Final Liga Champions, Munchen Tak Gentar

Laga penuh drama tersaji di Santiago Bernabeu saat Los Blancos menumbangkan Die Roten.  Munchen yang unggul di menit ke-68 lewat gol Alphonso Davies, harus tertunduk keluar lapangan oleh dua gol pemain pengganti madrid, Joselu, di menit 88 dan 90+1.

Gol pertama Madrid diawali oleh kesalahan kiper Manuel Neuer yang gagal mengamankan bola hasil tendangan keras Vinicus Junior. Bola yang gagal didekap tersebut lantas mental dan jatuh di kaki Joselu yang merupakan pemain pinjaman dari klub divisi 2 Espanyol.

Petaka bagi Munchen datang di menit injury time. Memanfaatkan umpan tarik Rudiger, Joselu berada di posisi tidak terkawal di depan gawang dan langsung menyarangkan bola ke gawang Neuer.

BACA JUGA: Dortmund ke Final Liga Champions, PSG Merana di Rumah Sendiri

Gol ini sempat dianulir wasit lantaran Joselu dianggap dalam posisi offside. Pemain Madrid pun menghentikan selebrasinya.

Namun ledakan kegembiraan pemain Madrid pecah setelah hasil VAR menunjukkan Joselu dalam posisi onside yang berarti golnya sah. Munchen mencoba bangkit di sisa menit tambahan namun gagal menyamakan skor.

Kedua tim gantian menyerang sejak awal babak pertama dan sama-sama menciptakan banyak peluang sepanjang 90 menit pertandingan.

Saat skor masih 1-0 untuk Munchen, Madrid sempat mencetak gol penyama kedudukan lewat Nacho di menit 71 memanfaatkan hasil sepak pojok Luka Modric. Namun, gol tersebut dibatalkan lantaran Nacho terlebih dulu melanggar pemain Munchen di kotak penalti.

BACA JUGA: Munchen Gagal Menang, Imbang 2-2 Lawan Madrid di Leg Pertama Semifinal Liga Champions

Harry Kane juga sempat menciptakan peluang di menit 76, namun tendangan kaki kiri striker Inggris tersebut masih menyamping di sisi kiri gawang.

Selain mentalitas Madrid yang jadi kunci kemenangan, strategi penggantian pemain yang dilakukan pelatih Carlo Ancelotti juga faktor penentu.

Keputusannya memasukkan Joselu yang berposisi penyerang di menit 81 menggantikan Frederico Valverde sangat tepat. Pemain berusia 34 tahun tersebut tampil menjadi pahlawan yang membawa Los Blancos menatap trofi Liga Champions ke-15 mereka.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *