Home SPORT

Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia-Thailand Tatap 16 Besar, Malaysia-Vietnam Angkat Koper

Bakti M. Munir
Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi melakukan selebrasi seusai Skuad Garuda mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/01/2024). (Foto: PSSI)
Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi melakukan selebrasi seusai Skuad Garuda mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/01/2024). (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Tersisa dua negara ASEAN yang berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia dan Thailand memiliki kans masuk fase knock out lantaran saat ini sudah mengamankan tiga poin.

Indonesia masih menyisakan satu laga babak penyisihan Grup D yakni melawan Jepang pada Rabu (24/01/2024).  

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 1-0, Skuad Garuda Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Asia

Indonesia yang mengalahkan Vietnam 1-0 di laga kedua Grup D, memiliki dua skenario untuk lolos ke 16 besar. Pertama, mengalahkan Jepang sehingga memiliki 6 poin, atau kedua, masuk ke dalam daftar 4 tim peringkat ketiga terbaik.  

Adapun Thailand, kans lolos ke 16 besar juga terbuka lebar. Setelah mengalahkan Kirgizstan di laga perdana Grup F 2-0, Thailand akan memainkan laga kedua melawan Oman hari ini, Minggu (21/01/2024).

BACA JUGA: Diwarnai Gol Kontroversial, Skuad Garuda Kalah Lawan Irak 1-3  

Jika menang, Tim Gajah Putih praktis mengunci satu tiket 16 besar. Thailand masih akan menghadapi Arab Saudi pada laga terakhir Grup F, Kamis (25/01/2024).

Sementara itu, nasib apes dialami wakil ASEAN Malaysia. Tim Harimau Malaya dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023 seusai kalah dramatis 0-1 dari Bahrain pada pertandingan kedua Grup E di Stadion Jassim bin Hamad, Sabtu (20/1).

Kekalahan dari Bahrain diperoleh Malaysia dengan tragis lantaran kebobolan pada detik-detik akhir laga. Pada laga terakhir Grup E, Malaysia akan menghadapi Korea Selatan, Kamis (25/01/2024).

BACA JUGA: Laga Hidup Mati Indonesia vs Vietnam, STY: Tak Ada Pilihan Selain Menang

Adapun Vietnam, mereka menjadi tim pertama peserta Piala Asia yang angkat koper. Pada dua laga Grup D, Vietnam dibungkam Jepang 2-4, dan 0-1 saat melawan Indonesia.

Peluang Peringkat Ketiga Terbaik

Indonesia saat ini menempati peringkat kedua daftar tim yang menempati posisi ketiga terbaik. Indonesia yang sebelumnya berada di urutan teratas, sejak Sabtu (20/01/2024) digeser oleh Bahrain, tim dari Grup E.

Kedua tim punya poin sama yakni 3. Agregat gol juga sama yakni -1. Namun yang membedakan, Bahrain lebih sedikit mengoleksi kartu kuning.

BACA JUGA: Erick Minta STY Benahi Pertahanan Skuad Garuda, Lawan Vietnam Harus Lebih Optimal

Tim yang berhak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 adalah juara dan runner up masing-masing grup. Adapun empat jatah lainnya akan diisi oleh tim peringkat ketiga terbaik.

Striker Timnas Berharap Dukungan

Striker timnas Indonesia, Hokky Caraka Hokky berharap dukungan suporter pada laga melawan Jepang nanti.

“Tetap dukung kami walau apa pun hasilnya nanti. Semoga bisa melaju ke babak berikutnya,” ujarnya dikutip di laman PSSI.org, Minggu (21/01/2024).

BACA JUGA: Akui Kualitas Lawan Lebih Unggul, Shin Tae-yong Janjikan Ini Saat Indonesia Lawan Irak

Hokky yakin penampilannya akan lebih baik jika kembali diturunkan pada pertandingan lawan Jepang di Stadion Thumama.

Saat melawan Vietnam, Hokky masuk di menit ke-69 bersama dua pemain lainnya, yaitu Rizky Ridho Ramadhani dan Adam Alis Setyano. 

“Mau siapa pun yang diturunkan, main di mana pun, hasilnya seperti apapun, mohon dukungannya,” tukas Hokky.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *