Home SPORT

Akui Kualitas Lawan Lebih Unggul, Shin Tae-yong Janjikan Ini Saat Indonesia Lawan Irak

Bakti M. Munir
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut Skuad Garuda siap memberi kejutan kepada Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/01/2024) (Foto: PSSI.org)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut Skuad Garuda siap memberi kejutan kepada Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/01/2024) (Foto: PSSI.org)

JAKARTA, Quarta.id–  Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga pertama penyisihan Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1) malam WIB.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong optimistis anak asuhnya mampu memberikan kejutan kepada Irak. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini mengakui bahwa di atas kertas, Irak memang lebih diunggulkan. Secara peringkat FIFA pun, kedua tim terpaut cukup jauh: Irak 63 sedangkan Indonesia 146.

Meski secara statistik Irak unggul, Timnas Indonesia menurut Shin sudah siap menghadapi laga besok.

“Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.org, Minggu (14/01/2023).

BACA JUGA: Tantang Irak di Laga Perdana Piala Asia 2023, Pemain Timnas Minta Doa dan Dukungan

Shin berjanji anak asuhnya akan menunjukkan performa yang lebih baik. 

“Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia),” ujarnya.

Dia mengakui skuad Garuda masih sangat muda, bahkan tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup D dan relatif dipandang lebih lemah.

“Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensi dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri,” tambahnya. 

BACA JUGA: So Sweet.. Arhan Kembali Selebrasi Uwu, Netizen Lagi-lagi Dibuat Baper

Melawan Irak yang merupakan peringkat ke-7 Asia, tentu bukan laga yang mudah bagi Pratama Arhan cs. Apalagi jika berkaca pada rekor pertemuan  kedua tim dan peringkat FIFA.

Dari sisi rekor pertemuan, Indonesia belum pernah menang dalam empat duel terakhir melawan Irak. Pada empat pertemuan tersebut Irak bahkan memenangi semua laga.

BACA JUGA: Ironi Tim Juara, Dililit Utang, Bintang Terancam Hengkang

Peristiwa terakhir terjadi pada November 2023 saat Indonesia takluk dengan skor 1-5 pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Soal performa tim, Indonesia juga kalah jauh dibanding Irak. Dalam lima laga terakhir Timnas Garuda di semua ajang, tidak satu pun yang dimenangkan. Bahkan, Timnas miskin produktivitas dengan hanya mencetak tiga gol. Sedangkan Irak, dari lima laga terakhir,  tiga di antaranya berhasil dimenangi.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *