Home SPORT

Erick Minta STY Benahi Pertahanan Skuad Garuda, Lawan Vietnam Harus Lebih Optimal

Bakti M. Munir
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan anak asuhnya menghadapi Irak pada ajang Piala Asia 2023 Qatar, Senin (15/01/2024). (Foto: PSSI.org)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan anak asuhnya menghadapi Irak pada ajang Piala Asia 2023 Qatar, Senin (15/01/2024). (Foto: PSSI.org)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-3 dari Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar.

Skuad Garuda kembali akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/01/2024). Laga kontra Vietnam jadi penentu anak asuh pelatih Shin Tae-yong (STY) mampu lolos ke babak 16 besar atau tidak.

Jika mampu mengatasi Vietnam, kans lolos dari fase grup akan terbuka. Sudah saatnya Asnawi cs melupakan kekalahan atas Irak pada Senin (15/01/2024).

Konsentrasi dan fokus perlu diarahkan pada persiapan menghadapi Vietnam. Perlu evaluasi dan perbaikan atas kelemahan yang dimiliki skuad Garuda di pertandingan pertama.

BACA JUGA: Diwarnai Gol Kontroversial, Skuad Garuda Kalah Lawan Irak 1-3  

Permintaan evaluasi antara lain diungkapkan  Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dikutip dari laman PSSI.org, Erick  mengapresiasi Timnas Indonesia yang telah bermain optimal pada laga melawan Irak.

Seusai pertandingan yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Erick menyatakan target skor pada pertandingan tersebut sebenarnya imbang. Namun, skuad Garuda pada kenyataannya harus mengakui keunggulan Irak 1-3.

“Ini menunjukkan kita perlu berbenah, terutama pada lini pertahanan,” ujar Erick.

BACA JUGA: Tantang Irak di Piala Asia 2023, Skuad Garuda Minta Doa dan Dukungan

Dia pun menegaskan bahwa STY perlu mengevaluasi dan melakukan berbagai perbaikan agar dalam dua pertandingan ke depan mendapatkan hasil yang optimal.

“Patut kita apresiasi, timnas kita main dengan baik pada babak pertama, namun ada banyak yang perlu kita benahi sebelum dua pertandingan ke depan,” ujar Erick.

Pada ajang Piala Asia 2023, selain bersama Irak, Indonesia akan melawan Vietnam dan Jepang di laga penyisihan Grup D.

BACA JUGA: Akui Kualitas Lawan Lebih Unggul, Shin Tae-yong Janjikan Ini Saat Indonesia Lawan Irak

Dikutip dari laman yang sama, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap memuji permainan skuad Garuda meski harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.

“Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini. Meski begitu, timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mempertanyakan keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak yang dicetak oleh Osamah Rashid. Menurutnya, pemain Irak lainnya yakni  Mohanad Ali sudah ada dalam posisi offside sebelum terjadinya gol.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *