Home SPORT

Diwarnai Gol Kontroversial, Skuad Garuda Kalah Lawan Irak 1-3  

Bakti M. Munir
Skuad Garuda memberi perlawanan keras saat menghadapi Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia mengalami kekalahan 1-3. (Foto: PSSI.org)
Skuad Garuda memberi perlawanan keras saat menghadapi Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia mengalami kekalahan 1-3. (Foto: PSSI.org)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/01/2024).

Skuad Garuda kalah 1-3 meski sudah berjuang keras selama 2×45 menit.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia gagal mengoleksi poin dan menempati peringkat dasar klasemen di bawah Jepang dan Irak yang sama-sama mengoleksi tiga poin, serta Vietnam di urutan ketiga.

BACA JUGA: Tantang Irak di Piala Asia 2023, Skuad Garuda Minta Doa dan Dukungan

Vietnam di laga pertama juga kalah melawan Jepang 2-4. Timnas Indonesia kembali akan bertanding pada laga kedua menghadapi Vietnam pada Jumat 19 Januari 2024.

Irak langsung membuka keunggulan saat laga baru berjalan 17 menit. Berawal dari kesalahan Justin Hubner, Mohamad Ali menggiring bola ke kotak penalti Timnas Indonesia melewati Elkan Baggott. Ali kemudian dengan mudah menyepak bola ke ke gawang Ernando.

Timnas Indonesia sempat mengancam di menit keempat lewat Marselino Ferdinan yang masih mengenai tiang gawang lawan. Peluang itu sempat membuat barisan pertahanan Irak panik dan menciptakan sebuah kemelut.

BACA JUGA: Akui Kualitas Lawan Lebih Unggul, Shin Tae-yong Janjikan Ini Saat Indonesia Lawan Irak

Tim asuhan Jesus Casas juga menciptakan sejumlah peluang di 30 menit awal babak pertama meski masih mampu digagalkan pertahanan Timnas Indonesia.

Tertinggal 0-1, timnas Indonesia merespons dengan berusaha keluar dari tekanan. Hasilnya, gol penyama kedudukan berhasil dicetak Marselino Ferdinan di menit 37.

Gol itu berawal dari pergerakan Yakob Sayuri di sisi kiri pertahanan Irak. Pemain PSM Makassar tersebut berhasil melewati dua pemain Irak dan langsung mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Irak untuk disambar oleh Marselino.

Jelang babak pertama berakhir, Irak kembali unggul 2-1 di menit 45+7. Gol dicetak oleh Osama Rashid.

BACA JUGA: So Sweet.. Arhan Kembali Selebrasi Uwu, Netizen Lagi-lagi Dibuat Baper

Gol pada menit ketujuh injury time ini tergolong kontroversial. Berdasarkan tayangan ulang proses gol diawali dari sebuah peluang saat pemain Irak terlihat dalam posisi offside.

Di babak kedua, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Asnawi. Tim Merah-Putih sempat tampil lebih baik dan mendapatkan beberapa peluang.

Di saat timnas Indonesia sedang berusaha untuk menyamakan kedudukan, Irak justru berhasil menambah keunggulan menjadi 1-3 pada menit 75. Gol ketiga Irak dilesakkan Aymen Hussein.

Aymen memenangkan duel udara dengan Rizky Ridho di dalam kotak penalti. Bola yang bergulir di depan gawang Ernando langsung disambar dengan sepakan keras oleh pemain bernomor punggung 18 tersebut.

Di laga kedua, Jumat (19/11) melawan Vietnam, timnas Indonesia harus memenangi laga demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam Bahar, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Irak: Jalal Hassan; Rebin Ghareeb Adhamat, Frans Haddad, Zaid Hantoosh; Ibrahim Bayesh Al-Kaabawi, Zidane Iqbal, Amir Fouad, Ali Jasim, Osamah Jabbar Rashid; Mohamad Ali kadhim

Pelatih: Jesus Casas

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *