Home SPORT

Ukir Sejarah Baru, Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia

Bakti M. Munir
Timnas Indonesia sukses lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai tim peringkat ketiga terbaik. (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia sukses lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai tim peringkat ketiga terbaik. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Sepakbola Indonesia mengukir sejarah baru dengan lolos ke fase gugur Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah.  

Indonesia lolos ke babak 16 besar setelah sukses menempati posisi terakhir dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

BACA JUGA: Kalah 1-3 dari Jepang, Indonesia Masih Punya Kans Lolos 16 Besar, Ini Hitung-hitungannya

Kepastian skuad Garuda masuk fase knock out Piala Asia 2023 diperoleh berkat hasil imbang 1-1 antara Oman lawan Kirgistan di pertandingan akhir Grup F di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (25/01/2024) malam WIB.

Ini pertama kalinya Indonesia masuk fase gugur dalam lima kali keikutsertaan di Piala Asia. Indonesia selanjutnya akan menghadapi Australia di babak 16 besar. Australia merupakan juara Grup B.

Skuad Garuda harus menantikan hasil Oman vs Kirgistan untuk mengamankan tiket terakhir babak 16 besar dari jalur peringkat ketiga terbaik. Hasil imbang kedua tim sangat dinantikan Indonesia.

BACA JUGA: Meski Timnas Jepang Terbaik Asia, Shin Tae-yong Ingatkan Skuad Garuda Tak Inferior

Laga Oman vs Kirgistan benar-benar jadi penentu nasib Timnas Garuda karena skenario sebelumnya yakni mengharapkan Bahrain kalah minimal dua gol dari Yordania di Grup E pada laga Kamis (25/01/2024) malam WIB gagal terwujud. Bahrain malah menang 1-0.

Akhirnya skenario terakhir yang berjalan. Oman bernasib tragis karena sempat unggul 1-0 atas Kirgistan hingga menit 80. Padahal, jika saja skor 1-0 bertahan, Omanlah yang berhak meraih jatah terakhir tim peringkat ketiga terbaik dan lolos ke 16 besar.

BACA JUGA: Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia-Thailand Tatap 16 Besar, Malaysia-Vietnam Angkat Koper

Timnas Oman sudah unggul cepat atas Kirgistan di menit ke-8 lewat gol Muhsen Al Ghassani. 

Muhsen memanfaatkan umpan tendangan sudut Jameel Al Yahmadi yang  menciptakan kemelut di depan gawang Kirgistan. Muhsen sukses menggetarkan jala gawang lewat sundulan meski bola sempat dihalau pemain bertahan Kirgistan.

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 1-0, Skuad Garuda Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Asia

Kirgistan baru mampu menyamakan skor pada menit ke-80 lewat gol Joel Kojo. Gol berawal dari blunder pemain bertahan dan kiper Oman yang terlanjur keluar meninggalkan gawang,nya. Dari sudut sempit Joel Kojo melepaskan tendangan ke gawang yang tidak lagi terjaga.

Skor imbang bertahan hingga peluit akhir dibunyikan wasit. Hasil seri yang disambut gegap gempita oleh pencinta sepakbola Tanah Air. 

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *