Home SPORT

Kalah 1-3 dari Jepang, Indonesia Masih Punya Kans Lolos 16 Besar, Ini Hitung-hitungannya

Bakti M. Munir
Dua pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaiman (kiri) dan Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain Jepang pada laga di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/01/2024) malam WIB. Indonesia kalah 1-3. (Foto: PSSI)
Dua pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaiman (kiri) dan Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain Jepang pada laga di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/01/2024) malam WIB. Indonesia kalah 1-3. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia kian tipis menyusul kekalahan atas Jepang 1-3 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (24/01/2024) malam WIB.

Namun, kans skuad Garuda masuk fase knock out belum sepenuhnya tertutup. Indonesia saat ini menempati posisi keempat pada pemeringkatan posisi ketiga terbaik.  

BACA JUGA: Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia-Thailand Tatap 16 Besar, Malaysia-Vietnam Angkat Koper

Nasib Indonesia sangat bergantung pada hasil dua laga lainnya, yakni antara Yordania vs Bahrain di Grup E dan Kirgistan vs Oman di Grup F.

Bahrain saat ini mengemas 3 poin, sama dengan jumlah poin Indonesia. Indonesia lolos jika Bahrain kalah minimal tiga gol dari Yordania.

Jika itu terjadi, Indonesia memiliki selisih gol yang lebih baik, yakni -3, sedangkan Bahrain -4. Jika Yordania mengalahkan Bahrain 2-0, Indonesia tetap lolos karena unggul jumlah memasukkan gol atas Bahrain meski selisih gol sama -3.

BACA JUGA: Meski Timnas Jepang Terbaik Asia, Shin Tae-yong Ingatkan Skuad Garuda Tak Inferior

Indonesia juga berharap Kirgistan main imbang lawan Oman. Saat ini Oman baru mengemas 1 poin, sedangkan Kirgistan 0 poin.

Jika pun hasilnya tidak imbang, maka yang diharapkan menang adalah Kirgistan dengan jumlah keunggulan gol tidak lebih dari 1. Selisih gol Kirgistan saat ini -4.

Meski asumsinya Kirgistan nanti punya selisih gol yang sama dengan Indonesia (-3), Indonesia lolos karena punya produktivitas gol yang lebih baik.

Jepang Mendominasi Indonesia

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Indonesia yang mencoba mengimbangi permainan Jepang tampak kesulitan karena lawan melakukan pressing ketat sejak awal laga.

BACA JUGA: Siap-siap, Jepang Diprediksi Turunkan Tiga Pemain Premier League Ini Saat Hadapi Indonesia

Jepang yang berperingkat 17 FIFA benar-benar memainkan permainan level tinggi sehingga cukup menyulitkan anak asuh Shin Tae-yong.

Baru lima menit pertandingan berjalan, Jordi Amat melakukan pelanggaran terhadap Ayase Ueda di kotak penalti. Momen itu tidak membuat wasit Khamis Mohammed Al-Marri asal Qatar langsung memberikan tendangan 12 pas untuk Jepang.

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 1-0, Skuad Garuda Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Asia

Penalti diberikan setelah wasit Khamis Al-Marri meninjau VAR. Ayase Ueda yang menjadi algojo penalti dan sukses mencetak gol.

Indonesia memiliki peluang saat Marselino Ferdinan menembus sisi kanan pertahanan Jepang di menit ke-29.Sayang bola silang di depan gawang masih bisa disapu pemain bertahan Jepang. Skor 1-0 berakhir hingga akhir babak pertama.

BACA JUIGA: Akui Kualitas Lawan Lebih Unggul, Shin Tae-yong Janjikan Ini Saat Indonesia Lawan Irak

Memasuki 45 menit kedua, Ayase Ueda kembali mencetak gol keduanya pada menit ke-51.

Berawal dari tusukan Ritsu Doan di sisi kanan pertahanan Timnas Garuda, pemain lincah tersebut langsung mengirim umpan silang. Ayase Ueda yang tidak terkawal dengan mudah memasukkan bola ke gawang Ernando. Ari Sutaryadi

Indonesia sempat mendapatkan peluang kedua melalui tendangan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti namun masih jauh di atas gawang Jepang yang dikawal Zion Suzuki.

BACA JUGA: Brand Lokal Erspo Resmi Jadi Apparel Baru Timnas Indonesia

Saat Indonesia berusaha untuk memperkecil skor, Jepang justru mendapatkan gol ketiga setelah Justin Hubner salah mengantisipasi bola sehingga menciptakan gol bunuh diri.

Upaya Indonesia untuk mendapatkan gol berbuah hasil di menit 90+1. Gol Indonesia dilesakkan oleh Sandy Walsh yang berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan. Skor 3-1 bertahan hingga akhir laga.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *