Home SPORT

Meski Timnas Jepang Terbaik Asia, Shin Tae-yong Ingatkan Skuad Garuda Tak Inferior

Bakti M. Munir
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id- Laga Indonesia kontra Jepang di Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/01/2024) malam jadi penentu nasib kedua tim untuk lolos ke babak 16 besar.

Siapa pun yang kalah akan berada di ujung tanduk dan terancam gagal ke fase knock out.

Melawan Indonesia, timnas Jepang menargetkan menang untuk memastikan 1 tiket 16 besar. Jepang baru mengoleksi tiga poin. Kemenangan akan membuat Samurai Biru lolos mendampingi Irak yang lebih dulu lolos.

BACA JUGA: Siap-siap, Jepang Diprediksi Turunkan Tiga Pemain Premier League Ini Saat Hadapi Indonesia

Jika laga berakhir seri, Jepang akan lolos sebagai runner up grup, dan Indonesia punya kans besar mengamankan satu tiket 16 besar melalui jalur peringkat ketiga terbaik.

Dari segi prestasi, Jepang jauh lebih superior dibanding Indonesia. Jepang saat ini menempati rangking 17 FIFA dan posisi pertama untuk negara Asia.

Jepang juga negara langganan Piala Dunia, mereka tidak pernah absen dalam tujuh edisi terakhir, yakni sejak 1998 hingga 2022.

BACA JUGA: Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia-Thailand Tatap 16 Besar, Malaysia-Vietnam Angkat Koper

Secara materi pemain, kualitas Jepang tidak diragukan, sebagian anggota skuadnya bermain di kompetisi Eropa. Bahkan, tiga pemain yang dibawa ke Piala Asia 2023 bermain di Liga Inggris, yakni Wataru Endo (Liverpool), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), dan Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion).

Di Piala Asia, Jepang sudah empat kali juara, yakni pada 1992, 2000, 2004, dan 2011. Adapun Indonesia, butuh 16 tahun untuk sekadar kembali lolos sebagai peserta Piala Asia.

Soal rekor pertemuan, Jepang juga unggul. Dari 15 kali pertemuan, Indonesia menang lima kali, imbang dua kali, dan kalah delapan kali. Kemenangan terakhir Indonesia atas Jepang terakhir kali terjadi pada 24 Februari 1981.

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 1-0, Skuad Garuda Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Asia

Lantas, dengan segala keunggulannya tersebut, Jepang akan menang mudah lawan skuad Garuda?

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tidak gentar dengan kekuatan lawan. Jelang menghadapi Jepang, Shin Tae-yong menggugah semangat skuadnya untuk tidak inferior dengan catatan prestasi mentereng lawan.

Pelatih Asal Korea Selatan ini bertekad membuktikan kalau level sepak bola Indonesia menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik. 

BACA JUGA: Indonesia Bisa Pastikan Lolos 16 Besar Sebelum Duel Lawan Jepang, Ini Syaratnya

“Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus,” ujarnya dikutip dari laman pssi.org, Rabu (24/01/2024).

Shin Tae-yong mengaku sudah mempersiapan dengan baik Marselino Ferdinan Cs untuk laga krusial malam nanti.

“Sejauh ini kami sudah menyiapkan dengan baik, dan saya ingin menunjukkan bahwa bola sepak Indonesia telah berkembang dengan baik,” tekadnya.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *