Home SPORT

Indonesia Bisa Pastikan Lolos 16 Besar Sebelum Duel Lawan Jepang, Ini Syaratnya

Bakti M. Munir
Timnas Indonesia berfoto jelang lawan Vietnam di Piala Asia 2023, Jumat (19/01/2024). (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia berfoto jelang lawan Vietnam di Piala Asia 2023, Jumat (19/01/2024). (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup.

Terdapat empat negara berperingkat ketiga terbaik yang akan mendampingi juara dan runner up masing-masing grup lolos ke fase knock out.

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 1-0, Skuad Garuda Jaga Asa Lolos 16 Besar Piala Asia

Kabar baiknya, Skuad Garuda bisa memastikan mendapatkan satu tiket peringkat ketiga terbaik dan lolos ke 16 besar sebelum melawan Jepang, Rabu (24/01/2024).

Artinya, apapun hasil pertandingan lawan Jepang nanti tidak lagi memengaruhi lolosnya Indonesia ke 16 besar.

Apa syaratnya? Syaratnya adalah, apabila hasil pertandingan antara Suriah lawan India di Grup B atau Hong Kong lawan Palestina di Grup C berakhir tanpa pemenang.

BACA JUGA: Wakil ASEAN di Piala Asia: Indonesia-Thailand Tatap 16 Besar, Malaysia-Vietnam Angkat Koper

Suriah menjalani laga terakhir penyisihan Grup B melawan India di Al Bayt Stadium, Al Khor, pada Selasa (23/01/2024) pukul 18.30 WIB.

Sedangkan Hong Kong akan menghadapi Palestina dalam laga terakhir Grup C, di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Selasa (23/01/2024) pukul 22.00 WIB..

Suriah sejauh ini mengemas 2 poin, dan India 1 poin. Sedangkan Palestina mengemas 1 poin, dan Hong Kong 0 poin.

Adapun Timnas Indonesia yang mengemas 3 poin baru akan melawan Jepang pada laga ketiga Grup D di Al Thumama Stadium, Doha, pada keseokan harinya, Rabu (24/1/2024) malam WIB.

BACA JUGA: Diwarnai Gol Kontroversial, Skuad Garuda Kalah Lawan Irak 1-3  

Pada klasemen sementara, Timnas Indonesia menempati peringkat kedua dalam pemeringkatan posisi ketiga terbaik, memiliki poin dan agregat gol yang sama dengan Bahrain yang ada di posisi pertama.

Bahrain teratas di pemeringkatan posisi ketiga karena lebih sedikit mendapatkan kartu kuning dibanding Indonesia.

Setelah itu, China berada di urutan ketiga di bawah Indonesia dengan dua poin dari tiga pertandingan. Namun, China sudah dipastikan tidak akan lolos karena tidak bisa lagi menambah poin.

BACA JUGA: Laga Hidup Mati Indonesia vs Vietnam, STY: Tak Ada Pilihan Selain Menang

Posisi keempat ditempati Oman yang mengemas 1 poin dari dua pertandingan.

Posisi kelima ditempati Suriah dengan satu poin dalam dua laga, dan Palestina di urutan keenam dengan satu poin dari dua pertandingan.

Garuda Siap Ladeni Samurai Biru

Sementara itu, pemain Indonesia, Justin Hubner, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi Jepang pada laga yang digelar Rabu (24/01/2024).

BACA JUGA: Brand Lokal Erspo Resmi Jadi Apparel Baru Timnas Indonesia

Dikutip dari laman pssi.org, Selasa (23/01/2024), Justin mengatakan semua pemain menatap serius pertandingan tersebut. Meski di atas kertas Jepang lebih diunggulkan, Justin tidak mau merasa inferior.  

“Kami sekarang akan bersiap untuk pertandingan melawan Jepang. Kami akan berlatih keras dan memastikan bahwa kami siap menghadapi mereka,” tekadnya.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *