Home SPORT

Tahun Suram Klub Inggris, Tak Ada Wakil di Semifinal Liga Champions dan Liga Eropa, Hanya di Liga Konferensi

Bakti M. Munir
Logo Premier League (Foto: shutterstock)
Logo Premier League (Foto: shutterstock)

JAKARTA, Quarta.id– Dua turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia yakni Liga Champions Eropa dan Liga Eropa musim 2023-2024 sudah memasuki babak semifinal. Namun, menariknya, tidak satu pun klub asal Inggris yang lolos ke empat besar.

Pertanda apa? Apakah Premier League telah turun pamor dan bukan lagi kompetisi terbaik di dunia?

Inggris mempunya dua wakil di babak perempat final Liga Champions yakni Manchester City dan Arsenal. Namun keduanya kandas. Man City takluk dari Real Madrid sedangkan Arsenal tumbang dari Bayern Munchen.

BACA JUGA: Ketangguhan Mental Real Madrid Pupus Mimpi Man City Raih Treble Beruntun

Semifinal Liga Champions menampilkan empat tim dari tiga negara berbeda. Munchen dan Borussia Dortmund perwakilan Bundesliga Jerman, PSG perwakilan Liga Prancis, dan Rea Madrid wakil Liga Spanyol.

Di Liga Eropa pun sama. Liverpool dan West Ham yang lolos ke perempatfinal sama-sama kandas.

Pada pertandingan leg kedua Liga Eropa, Jumat (19/4/2024) dini hari, The Reds hanya mampu menang 1-0 di kandang Atalanta. Hasil ini tidak cukup mengantar anak asuh Jurgen Klopp ke semifinal karena di leg pertama di Anfield, Mo Salah cs kalah 0-3.

BACA JUGA: PSG dan Dortmund Amankan Tiket Semifinal Liga Champions

Sedangkan West Ham harus mengakui keunggulan Bayer Leverkusen. Pada laga Jumat dini hari, West Ham hanya mampu main imbang 1-1 di kandang, sedangkan di leg pertama mereka kalah dari anak asuh Xabi Alonzo dengan skor 2-0.

Semifinal Liga Eropa juga menampilkan empat klub dari tiga negara berbeda. Atalanta dan AS Roma mewakili Serie A Italia, Bayer Leverkusen mewakil Bundesliga Jerman, sedangkan Marseille mewakili Liga Prancis.

BACA JUGA: Munchen Kandaskan Arsenal, Madrid Singkirkan City lewat Drama Adu Penalti

UEFA tidak lagi melakukan drawing untuk babak semifinal Liga Eropa. Marseille bakal melawan Atalanta, sementara Roma menantang Leverkusen.

Demikian pula di Liga Champions. Borussia Dortmund akan menghadapi PSG, sedangkan Bayern Munchen menantang Real Madrid.

Satu-satunya penyelamat muka Inggris adalah UEFA Europa Conference League (UECL) 2024. Aston Villa lolos ke semifinal Liga Konferensi Eropa yang baru berusia tiga tahun ini.

Di turnamen kasta ketiga Eropa tersebut, Aston Villa lolos bersama Fiorentina (Italia), Olympiakos (Yunani) dan Club Brugge (Belgia).

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *