Home SPORT

Misi Timnas Garuda Memutus Rekor 20 Tahun Tak Pernah Menang di Kandang Vietnam

Bakti M. Munir
Pemain Timnas Indonesia menjalani latihan di My Dinh National Stadium. Timnas Garuda akan menghadapi tuan rumah Vietnam pada lanjutan pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Selasa (26/3/2024). (Foto; pssi.org)
Pemain Timnas Indonesia menjalani latihan di My Dinh National Stadium. Timnas Garuda akan menghadapi tuan rumah Vietnam pada lanjutan pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Selasa (26/3/2024). (Foto; pssi.org)

JAKARTA,Quarta.id- Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Vietnam pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di My Dinh National Stadium, Selasa,(26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

Bukan laga yang mudah bagi skuad Garuda, apalagi Vietnam mengincar kemenangan saat bermain di depan pendukung sendiri.

Bagi tuan rumah, laga ini jadi penentu langkah mereka untuk lolos dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Saat ini Vietnam berada di peringkat ketiga Grup F klasemen dengan 3 poin dari tiga laga.

BACA JUGA: Beredar Video Pemain Timnas Diteror Petasan, Federasi Sepak Bola Vietnam Beri Klarifikasi

Vietnam tertinggal dari Indonesia yang berada di posisi kedua dengan 4 poin hasil tiga laga. Pemuncak klasemen adalah Irak dengan 9 poin.

Bermain di kandamg Vietnam, Indonesia memiliki rekor kurang bagus. Selama hampir 20 tahun, Timnas tidak pernah lagi menang saat tandang ke Vietnam. Skuad Garuda terakhir kali meraih kemenangan pada 2004.

Saat itu Indonesia menang 3-0 di My Dinh National Stadium pada babak penyisihan Grup A Tiger Cup 2004 (sekarang Piala AFF), 11 Desember 2004.

BACA JUGA: Sukses Bungkam Vietnam 1-0, Saatnya Timnas Fokus Hadapi Laga di Hanoi!

Namun, Indonesia memiliki motivasi dan kepercayaan diri tinggi karena berbekal kemenangan dalam dua pertemuan terakhir melawan The Golden Stars Warriors.

Di babak penyisihan grup Piala Asia 2023 pada Januari lalu Timnas menang 1-0. Hasil yang sama kembali diraih saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

BACA JUGA: Siap Kejutkan Indonesia, Vietnam Tak Gentar Atmosfer dan Tekanan 70.000 Suporter GBK

Pelatih Timnas Shin Tae-yong yakin timnas Indonesia punya peluang meraih 3 poin sekaligus memutus rekor buruk tidak pernah menang di kandang Vietnam yang bertahan sejak 2004.

Apalagi pelatih asal Korea Selatan ini sudah dapat menurunkan dua pemain naturalisasi baru, yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada laga nanti.

“Rekor selalu bisa dipecahkan jika kita tidak menang lagi dalam 20 tahun terakhir. Tapi saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang,” ujarnya dikutip dari laman pssi.org, Selasa (26/3/2024).

Sementara itu, pemain timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri, menilai laga lawan Vietnam akan sama-sama sulit untuk kedua tim. Karena itu, untuk meraih kemenangan, diperlukan kerja keras di atas lapangan.

“Untuk laga besok, kedua tim akan sama-sama mengalami banyak kesulitan. Saya dan teman-teman akan berusaha keras dan kita lihat apa yang akan terjadi di pertandingan nanti,” ucap pemain asal Dewa United FC tersebut.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *