Home SPORT

Bangga! Atlet Angkat Besi Rizki Juniansyah Lolos Olimpiade Paris 2024 Usai Sabet Dua Emas IWF World Cup

Al-Qadri Ramadhan
Atlet angkat besi nasional Rizki Juniansyah sukses menjuarai IWF World Cup atau Piala Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand pada 4 April 2024 sekaligus mengantarnya meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. (Foto: koni.or.id)
Atlet angkat besi nasional Rizki Juniansyah sukses menjuarai IWF World Cup atau Piala Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand pada 4 April 2024 sekaligus mengantarnya meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. (Foto: koni.or.id)

PHUKET, Quarta.id- Atlet angkat besi nasional Rizki Juniansyah sukses menembus Olimpaide Paris 2024. Rizky sukses menyusul atlet angkat besi nasional lainnyta, Eko Yuli Irawan, yang lebih dulu mengamankan tiket Olimpiade Paris.

Tiket olimpiade digenggam Rizki yang turun pada kelas putra 73 kg seusai menjadi juara IWF World Cup atau Piala Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand pada 4 April 2024.

Rizki meraih emas total angkatan dengan 365 kg, mengalahkan atlet China Shi Zhiyong dengan 356 kg dan atlet Indonesia Rahmat Erwin Abdullah dengan 355 kg.

BACA JUGA: Bangunan Ikonik di Jakarta Ini Dulunya Dibangun untuk Asian Games, Apa Saja?

Dengan angkatan tersebut, dia memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang Shi Zhiyong di Olimpiade Tokyo 2020 yang kala itu mengangkat 364 kg.

Emas lainnya yang diraih Rizki dari Clean & Jerk dengan 201 kg. Pada angkatan Snatch, dia mampu mengangkat 164 kg.

Rahmat Erwin Abdullah harus puas dengan satu perak angkatan Clean & Jerk 195 kg dan dua perunggu Snatch 160 kg dan total angkatan 355 kg.

BACA JUGA: Misi Timnas Garuda Memutus Rekor 20 Tahun Tak Pernah Menang di Kandang Vietnam

Alhasil Rizki berhak mewakili Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 pada nomor 73 kg putra.

“Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI), Rosan Roeslani dikutip dari laman koni.or.id yang melansir Antara, Jumat (5/4/2024).

“Tapi masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade harapannya, kita bisa berprestasi secara maksimal di Kualifikasi ini,” kata Rosan menambahkan.

BACA JUGA: Bungkam Vietnam 3-0, Indonesia Tinggal Butuh Satu Kemenangan Lagi

“Selamat kepada Rizki Juniansyah yang sangat luar biasa. Rizki Juniansyah sangat membanggakan. Semoga pada Olimpiade Paris 2024 nanti dapat memberikan kejutan untuk Indonesia,” ujar Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

“Terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, ofisial dan PB.PABSI yang selalu mengharumkan nama Indonesia dalam keikutsertaan pada event internasional,” sambung Ketum KONI Pusat.



Di sisi lain, pengumuman resmi dari IWF terkait tiket Olimpiade Paris 2024 akan disampaikan pada 8 Mei mendatang.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *