Home SPORT

Bangunan Ikonik di Jakarta Ini Dulunya Dibangun untuk Asian Games, Apa Saja?

admin
Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. (FOTO: setneg.go.id/FOTO INSET: kemdikbud.go.id)
Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. (FOTO: setneg.go.id/FOTO INSET: kemdikbud.go.id)

JAKARTA-Quarta.id– Upacara pembukaan Asian Games 2023 akan digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre, Sabtu (23/09/2023) malam waktu setempat.

Asian Games ke-19 ini berlangsung 19 September hingga 8 Oktober. Indonesia mengirim 413 atlet untuk bertanding di 30 cabang olahraga.

Berbicara Asian Games, sangat erat kaitannya dengan keberadaan sejumlah infrastruktur ikonik yang ada di Jakarta saat ini.

Infrastruktur tersebut dibangun untuk mendukung pelaksanaan pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia saat Indonesia jadi tuan rumah pertama kalinya.

BACA JUGA: Indonesia Sudah 19 Kali Berlaga di Asian Games, Apa Saja Prestasi Terbaiknya?

Pada 1962, Indonesia terpilih menjadi penyelenggara Asian Games ke-4. Saat itu, banyak negara yang tidak mampu menjadi penyelenggara event olahraga besar karena keterbatasan infrastruktur penunjang.

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno Indonesia yang saat itu baru 17 tahun merdeka sukses menjawab kepercayaan yang diberikan.

 Presiden Sukarno saat itu mencetuskan pembangunan sejumlah infrastruktur.

Dibangunlah Stadion Utama Senayan yang sekarang bernama Gelora Bung Karno (GBK), Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia, Tugu Selamat Datang di Bundarahan HI, dan TVRI.

Seluruh bangunan ini dipersiapkan untuk perhelatan Asian Games. Satu cerita menarik adalah  pembangunan Stadion Utama Senayan atau GBK, Presiden Soekarno ikut merancangnya.

Infrastruktur yang sudah berusia lebih 60 tahun kini menjadi landmark Kota Jakarta dan dapat dinikmati oleh generasi dari masa ke masa.

Khusus GBK, stadion multiguna ini mengalami renovasi saat Indonesia terpilih kembali menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Dikutip dari gbk.id, stadion berkapasitas 78.000 kursi dan terbesar di Asia Tenggara ini sering digunakan untuk keperluan pertandingan olahraga, konser musik, atau acara lain yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *