Home SPORT

Semifinal Piala Asia U-23: Indonesia vs Uzbekistan, Jepang vs Irak

Bakti M. Munir
Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Foto; AFC)
Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Foto; AFC)

DOHA, Quarta.id- Empat tim sudah memastikan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Partai semi final akan mempertemukan  Indonesia vs Uzbekistan dan Jepang vs Irak.

Uzbekistan memastikan lolos ke babak empat besar setelah mengandaskan Arab Saudi 2-0 di perempat final di Stadion Khalifa International Stadium, Jumat (26/4/2024) malam.

Laga semifinal antara Indonesia vs Uzbekistan akan dilaksanakan pada Senin (29/4/2024) malam di Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha, Qatar.

Adapun Irak memastikan satu tempat di semifinal usai menumbangkan Vietnam 1-0 di  Stadion Al Janoub pada Sabtu (27/4/2024) dini hari.

BACA JUGA: Terus Bikin Kejutan di Piala Asia U-23, Garuda Muda Selangkah Lagi Lolos Olimpiade Paris 2024

Laga semi final Jepang vs Irak akan digelar pada Selasa (30/4/2024) dini hari WIB.

Gol penentu kemenangan Irak atas Vietnam dicetak Ali Jasim melalui titik penalti pada menit ke-64. Gol tunggal ini membawa Irak ke semifinal untuk pertama kalinya sejak 2016.

Vietnam memberikan perlawanan ketat, namun dari sejumlah peluang, termasuk di menit 35 melalui Nguyen Van Truong, semuanya gagal berbuah gol.

BACA JUGA: Sejarah Baru! Indonesia Lolos Semi Final Piala Asia U-23, Tumbangkan Korsel lewat Adu Penalti

Vietnam berusaha keras mencari gol penyama kedudukan dan mendapatkan peluang emas di injury time babak kedua. Namun justru petaka datang di menit- menit akhir lantaran salah seorang pemainnya, Nguyen Manh Hung diganjar kartu merah langsung akibat melanggar Ali Jasim. 

Garuda Muda Tantang Uzbekistan

Uzbekistan percaya diri menatap semi final, apalagi Arab Saudi yang dikalahkan di semi final merupakan juara bertahan Piala Asia U-23.

Laga Sabtu dini hari tadi merupakan ulangan pertandingan final Piala Asia U-23 2022 di Tashkent saat Arab Saudi meraih juara dengan mengalahkan tuan rumah dengan skor yang sama, 2-0.

Gol kemenangan Uzbekistan dicetak Husain Norchaev pada menit 46. Arab Saudi yang unggul postur tubuh mencoba menekan lawan di babak kedua untuk menyamakan skor.

BACA JUGA: Asosiasi Sepakbola Korsel Minta Maaf Gagal ke Olimpiade Usai Ditumbangkan Garuda Muda

Namun, musibah bagi Arab Saudi datang di menit 69 saat Aiman Yahya mendapatkan kartu kuning kedua akibat terlalu tinggi mengangkat kaki. Wasit memberikan kartu kuning kedua yang berarti kartu merah usai mengecek VAR.

Bermain hanya dengan 10 pemain membuat juara bertahan ini makin sulit menemukan peluang menciptakan gol. Arab Saudi malah justru kembali kebobolan oleh pemain yang baru masuk lapangan Umarali Rahmonaliyev di menit 83. 

BACA JUGA: Menanti “Sihir” Shin Tae-yong Berlanjut Saat Garuda Muda Tantang Korsel U-23

Uzbekistan sebagai lawan Garuda Muda di semifinal memiliki catatan impresif di Piala Asia U-23 2024. Mereka menjadi juara Grup D dengan menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan.

Total 9 poin yang diperoleh Uzekistan hasil dari mengalahkan Malaysia 2-0, lalu mengandaskan Kuwait 5-0, dan terakhir membungkam Vietnam 3-0.

Usai mengalahkan Arab Saudi 2-0, total Uzbekistan mencetak 12 gol tanpa pernah kebobolan sekali pun.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *