Home SPORT

Terus Bikin Kejutan di Piala Asia U-23, Garuda Muda Selangkah Lagi Lolos Olimpiade Paris 2024

Bakti M. Munir
Bek Timnas Indonesia U-23 Justin Hubner salah satu pemain kunci yang sukses mengantar Garuda Muda lolos ke semi final Piala Asia U-23 2024. (Foto: PSSI)
Bek Timnas Indonesia U-23 Justin Hubner salah satu pemain kunci yang sukses mengantar Garuda Muda lolos ke semi final Piala Asia U-23 2024. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Kejutan demi kejutan diciptakan Garuda Muda di Piala Asia U-23. Terakhir, Indonesia U-23 menumbangkan raksasa sepak bola Asia Korea Selatan di babak perempat final lewat adu penalti di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Indonesia menang adu penalti 11-10 dan memastikan tiket empat besar dan akan menantang pemenang laga Uzbekistan vs Arab Saudi.

Laga Indonesia vs Korsel berlangsung sengit. Pertandingan berlanjut ke adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di 90 menit waktu normal plus 30 menit perpanjangan waktu.

Kemenangan anak asuh pelatih Shin Tae-yong atas Korsel terasa sangat fenomenal. Bayangkan saja, Indonesia adalah negara yang baru pertama kali lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Namun, di kesempatan pertama ini pula Indonesia sukses melangkah jauh hingga menembus semi final.

BACA JUGA: Sejarah Baru! Indonesia Lolos Semi Final Piala Asia U-23, Tumbangkan Korsel lewat Adu Penalti

Tidak hanya prestasi masuk empat besar yang membuat bangga. Garuda Muda kini berpeluang besar menembus Olimpiade Paris 2024. Jika berhasil masuk final Piala Asia U-23, satu tiket olimpiade dipastikan ada dalam genggaman.

Putaran final Piala Asia U-23 juga menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris. Negara yang masuk tiga besar otomatis mendapatkan tiket ke Olimpaide Paris. Adapun negara peringkat keempat akan menjalani playoff melawan peringkat keempat Piala Afrika 2023, Guinea, guna memperebutkan satu tiket lainnya.

Indonesia akan menghadapi pemenang antara Uzbekistan atau Arab Saudi di semi final. Berbicara peringkat FIFA, kedua negara calon lawan tersebut lebih baik dibanding Indonesia. Arab Saudi berada di peringkat ke-53 dan Uzbekistan di peringkat ke-66. Adapun Indonesia ada di peringkat ke-134.

BACA JUGA: Indonesia Kejutkan Korsel, Unggul 2-1 di Babak Pertama

Namun, bukan tidak mungkin kejutan anak asuh Shin Tae-yong akan terus berlanjut di babak semi final. Terbukti, dua negara berperingkat 20 besar FIFA sukses ditumbangkan anak asuh Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 ini.

Pertama yang menjadi korban adalah Australia yang berperingkat 24 FIFA. Tim Negeri Kanguru tumbang di babak penyisihan grup dengan skor 1-0, lalu kini giliran Korsel yang berperingkat 23 FIFA takluk di perempat final.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *