Home SPORT

Menanti “Sihir” Shin Tae-yong Berlanjut Saat Garuda Muda Tantang Korsel U-23

Bakti M. Munir
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia U-23 akan menantang Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) dini hari pukul 00.30 WIB.

Korsel U-23 lebih diunggulkan dibanding Garuda Muda pada laga ini. Namun, bukan hal mustahil kejutan bisa hadir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Pendukung Timnas Indonesia sedang menantikan pelatih Shin Tae-yong melanjutkan “sihir”-nya saat anak asuhnya melawan anak muda dari Korea yang juga negara asalnya tersebut.

BACA JUGA: Menyala! Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Libas Yordania 4-1

Sihir Shin Tae-yong sudah terbukti pada laga penyisihan grup saat Marselino Ferdinan mengandaskan perlawanan Australia U-23 1-0. Layak disebut sihir karena Australia yang berperingkat FIFA 24 justru takluk dari Indonesia yang peringkatnya 134.  

Juga tidak banyak yang menyangka Garuda Muda akan menumbangkan Yordania U-23 yang peringkat FIFA-nya 71 dengan skor telak 4-1.

Hasil impresif Garuda Muda  yang lolos ke perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya ini membuat Korsel yang punya peringkat FIFA 23 cenderung berhati-hati. Mereka tidak ingin menganggap remeh kekuatan Rizky Ridho cs.

BACA JUGA: Kabar Baik, Nathan Tjoe-A-On Kembali Akan Perkuat Garuda Muda Lawan Korsel

Apalagi, keberadaan Shin Tae-yong dinilai menguntungkan Garuda Muda karena dianggap sangat memahami sepakbola Korsel. Shin Tae-yong empat tahun melatih Timnas Korsel termasuk meloloskan Negeri Ginseng ke Piala Dunia 2018.

“Fakta bahwa Pelatih Shin mengetahui sepak bola Korea lebih baik dibandingkan pelatih lainnya juga menjadi kabar baik bagi Indonesia,” tulis media Korsel, yna.co.kr, menganalisis pertemuan Korsel vs Indonesia di perempat final.

Media Kosel lainnya, mk.co.kr, dalam artikelnya menyatakan dari segi kekuatan, Korsel memang mengungguli Indonesia, namun tetap menyisakan rasa hormat kepada Garuda Muda yang peringkat FIFA-nya jauh di bawah tim Taeguk Warriors.

BACA JUGA: Akun Medsos PSSI Digeruduk Netizen, Desak Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

“Masih terlalu dini untuk berpuas diri karena pelatih baru Indonesia (Shin Tae-yong) mengenal baik sepak bola Korea dan mengalahkan Australia, peringkat 24 peringkat FIFA, dan Jordan, peringkat 71, berturut-turut di turnamen ini,” tulis media tersebut.

Shin Tae-yong akan membuat catatan emas dalam sejarah sepakbola Indonesia jika mampu meloloskan Garuda Muda  ke semifinal Piala Asia U-23. Apalagi jika mampu membawa Justin Hubner cs masuk peringkat tiga besar yang juga berarti mengantar Indonesia lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Tiga tim terbaik Piala Asia U-23 otomatis mengantongi tiket olimpiade, sedangkan tim peringkat keempat akan menjalani playoff melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea, untuk bisa lolos ke Paris.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *