Home SPORT

Menyala! Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Libas Yordania 4-1

Bakti M. Munir
Marselino Ferdinan merayakan gol bersama dengan Witan Sulaiman pada pertandingan Grup A PIala Asia U-23 di Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). Indonesia menang 4-1 dan lolos ke babak perempat final.

DOHA,Quarta.id– Indonesia mencetak sejarah di Piala Asia U-23 2024 dengan sukses melaju ke babak perempat final usai mengandaskan Yordania 4-1 pada partai terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024).

Indonesia merupakan tim debutan di turnamen Piala Asia U-23 namun langsung menggapai babak perempat final.

Pada laga melawan Yordania anak asuh pelatih Shin Tae-yong hanya butuh hasil seri untuk lolos ke babak 8 besar. Namun, Garuda Muda justru tampil garang dengan menyuguhkan permainan nan indah.

BACA JUGA: Meski Hanya Butuh Hasil Seri, Garuda Muda Tetap Incar Kemenangan Lawan Yordania

Indonesia lolos sebagai runner up Grup A dengan meraih 6 poin. Tim garuda Muda akan menantang juara Grup B, yakni antara Jepang atau Korea Selatan. Kedua tim ini baru akan tanding pada Senin (22/4/2024) untuk memperebutkan status juara Grup B. 

Indonesia sama sekali tampil tanpa beban dengan memainkan permainan umpan pendek yang rapih dan cantik. Garuda Muda berhasil membuka keunggulan pada menit 23 melalui penalti yang dieksekusi Marselino Ferdinan.

Penalti diberikan wasit Ammar Ashkanani asal Kuwait setelah setelah salah satu pemain Yordania melanggar Rafael Struick di kotak terlarang. Sontekan Marselino ke sudut kanan gawang tak mampu dibendung kiper Yordania, Ahmad Juaidi.

BACA JUGA: Media Australia Ulas Kekalahan Mengejutkan Timnasnya dari Indonesia, Kecam Strategi Pelatih

Unggul 1-0 tidak membuat Justin Hubner cs mengendorkan serangan. Hasilnya, pada menit ke-40, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan indah Witan Sulaeman. Witan melepaskan sepakan melengkung yang tidak bisa dijangkau Ahmad Juaidi.

Marselino Ferdinan mencatat brace di menit ke-70 sekaligus membawa Garuda Muda menjauh 3-0. Setelah unggul jauh, Indonesia U-23 sedikit lengah dan pada satru momen Justin Hubner salah mengantisipasi tendangan lawan dan bola mengarah ke gawang sendiri sehingga skor berubah menjadi 1-3 pada menit ke-79.

BACA JUGA: Garuda Muda Buat Kejutan, Tumbangkan Australia 1-0

Mentalitas ditunjukkan anak asuh Coach Shin dengan tetap menampilkan sepakbola menyerang meski sudah unggul dua gol. Pada menit ke-86, skor Komang Teguh mencetak gol yang mematikan pertandingan. Gol keempat Garuda Muda ini dicetak oleh Komang dengan sundulan tipis memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Setelah melewati waktu tambahan selama 10 menit, Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil mempertahankan skor 1-4. Dengan hasil ini, Indonesia lolos ke perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A mendampingi tuan rumah Qatar.

BACA JUGA: Tantang Qatar, Garuda Muda Bertekad Raih Poin di Laga Perdana Piala Asia U-23

Tim U-23 Indonesia mengumpulkan enam poin dari tiga laga. 

Di pertandingan lain Grup A Australia yang mengincar kemenangan hanya main imbang 0-0 dengan Qatar. Seperti Yordania, Australia juga tersingkir dengan hanya meraih 2 poin dan tidak satu pun mencetak gol selama turnamen digelar.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *