Home SPORT

Sejarah! Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Akhiri Penantian 120 Tahun

Bakti M. Munir
Pendukung Bayer Leverkusen turun ke lapangan Stadion BayArena seusai klub memastikan gelar juara Bundesliga 2023-2024 dengan mengalahkan Werder Bremen 5-0, pada pertandingan Minggu (14/4/2024) malam WIB. (Foto: X/@bayer04fussball)
Pendukung Bayer Leverkusen turun ke lapangan Stadion BayArena seusai klub memastikan gelar juara Bundesliga 2023-2024 dengan mengalahkan Werder Bremen 5-0, pada pertandingan Minggu (14/4/2024) malam WIB. (Foto: X/@bayer04fussball)

LEVERKUSEN, Quarta.id– Sejarah emas baru saja tercipta di Bundesliga. Bayer Leverkusen memastikan gelar juara Bundesliga untuk pertama kalinya dalam 120 tahun sejarah klub.

Gelar juara Liga Jerman musim 2023-2024 sukses dikunci anak asuh Xabi Alonso pada pekan ke-29 Bundesliga seusai membungkam tim tamu Werder Bremen 5-0 di BayArena Minggu (14/4/2024) malam WIB.

Kabut berwarna merah memenuhi seantero stadion BayArena seusai wasit meniup peluit terakhir pertandingan. Penonton pun langsung memasuki lapangan merayakan pesta yang telah lama dinantikan oleh penggemar klub yang berdiri pada 1904 ini.

BACA JUGA: Harry Kane yang Berjuang Melawan Kutukan

Fenomenal. Kata ini paling mewakili untuk menggambarkan perjalanan epik Leverkusen musim ini. Bukan hanya meraih gelar juara liga untuk pertama kalinya, namun klub ini juga sekaligus mematahkan dominasi raksasa Jerman Bayern Munchen yang menjadi kampiun Bundesliga 11 kali berturut-turut.

Leverkusen meraih gelar juara di pekan ke-29 dengan status belum terkalahkan. Florian Wirtz Cs memenangi 25 pertandingan dan empat kali seri.

Koleksi 79 poin Die Werkself tidak mampu lagi dikejar pada lima laga tersisa oleh dua rival terdekat yakni Bayern Munchen dan VfB Stuttgart yang sama-sama mengemas 63 poin.

“Kami harus menikmati dan merayakan hari ini bersama keluarga, teman, dan penggemar kami,” kata Alonso. Ini adalah musim (penuh) pertama saya sebagai pelatih, perasaannya luar biasa,” ujar Alonso dikuti dari laman bbc.com.

BACA JUGA: Arsenal Gagal Menang di Emirates, Arteta Minta Pemain Tebus Kesalahan Saat Tandang ke Bayern

Laga melawan Werder Bremen terasa istimewa karena berakhir dengan skor telak dan jadi penentu gelar juara Bundesliga di kandang sendiri.

Penalti Victor Boniface pada menit ke-25 membawa Leverkusen unggul sebelum Granit Xhaka menggandakan keunggulan tuan rumah di menit 60.  Unggul dua gol tidak menyurutkan serangan Leverkusen hingga Florian Wirtz mencetak hattrick di menit 68, 83, dan 90.

Pendukung Leverkusen sudah menyerbu ke lapangan di pertengahan pertandingan ketika Wirtz mencetak gol keempat pada menit ke-82.

“Jelas, di awal musim kami tidak dapat membayangkan hal ini,” kata Xhaka, yang bergabung dengan Leverkusen dari Arsenal pada Juli lalu.

BACA JUGA: Tahan Imbang Real Madrid, Pep Guardiola Kirim Pesan ke Fans City Jelang Laga di Etihad

Wirtz menambahkan, “Saya pribadi masih belum menyadari hal ini telah terjadi. Saya memerlukan beberapa saat di ruang ganti untuk memahami apa yang telah kami capai.”

Pencapaian penting Leverkusen mengakhiri era dominasi Bayern yang telah memenangi 11 gelar Bundesliga terakhir yakni sejak musim 2012/2013 hingga musim 2022/2023.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *