Home SPORT

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam: Wajib 3 Poin demi Jaga Asa Lolos Piala Dunia 2016

Al-Qadri Ramadhan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama bek timnas Sandy Walsh seusai konferensi pers jelang laga Indonesia vs Vietnam, di Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Foto: pssi.org)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama bek timnas Sandy Walsh seusai konferensi pers jelang laga Indonesia vs Vietnam, di Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Foto: pssi.org)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Kamis (21/3/2024) malam pukul 20.30 WIB, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia.

Tensi panas diprediksi akan mewarnai jalannya laga mengingat pentingnya kemenangan bagi kedua tim.

Khusus bagi Indonesia, kemenangan mutlak diraih untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya, yakni babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Timnas Australia Puji Skuad Muda Garuda, Juluki Marselino Ferdinan “Golden Boy” Indonesia

Saat ini, timnas Garuda berada di posisi terbawah klasemen Grup F dengan 1 poin setelah kalah melawan Irak dan imbang melawan Filipina. Hasil tersebut diperoleh Indonesia pada dua laga tandang.

Sedangkan Vietnam berada di posisi kedua klasemen dengan mengemas 3 poin.

Meski demikian, skuad Garuda diuntungkan karena empat sisa laga yang akan djalani, tiga di antaranya adalah laga kandang.

Jika menang pada laga di GBK nanti malam, anak asuh Shin Tae-yong akan naik ke posisi kedua menempel pemimpin klasemen Irak yang sudah mengoleksi 6 poin.

Adapun match Vietnam melawan Indonesia akan digelar di Hanoi pada 26 Maret 2024.

BACA JUGA: Timnas Australia Puji Skuad Muda Garuda, Juluki Marselino Ferdinan “Golden Boy” Indonesia

Artinya, Indonesia secara beruntun dua kali mengalahkan Vietnam setelah duel terakhir di penyisihan grup Piala Asia Qatar, skuad Garuda menang 1-0 lewat gol penalti Asnawi

Sebelum kemenangan 1-0 di penyisihan grup Piala Asia, Indonesia memiliki catatan kurang bagus ketika menghadapi Vietnam. Dalam lima laga terakhir sebelum Piala Asia, Indonesia kalah tiga kali dan sisanya imbang dua kali dengan kebobolan gol yang mencolok.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) belum bisa menampilkan skuad terbaik pada laga nanti malam.

BACA JUGA: Yordania, Tim Semenjana yang Menulis Dongeng di Piala Asia 2023

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu optimistis bisa meraih kemenangan pada laga di Jakarta dan juga di Hanoi pekan depan.

Seperti diketahui kapten Asnawi Mangkualam terkena akumulasi kartu. Bek Jordi Amat dan Elkan Baggott masih dibekap cedera. Demikian pula dengan Yance Sayuri.

Belum lagi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum bisa diturunkan. Kedua pemain yang baru saja diambil sumpahnya itu baru bisa bermain saat laga away di Hanoi.

BACA JUGA: Meski Timnas Jepang Terbaik Asia, Shin Tae-yong Ingatkan Skuad Garuda Tak Inferior

“Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten nanti, kita tunggu saja,’’ jelas STY pada konferensi pers Rabu (20/3/2024) dikutip dari laman pssi.org.

Bek Sandy Walsh yang hadir dalam jumpa pers, juga menaruh harapan tinggi. Ia ingin mempersembahkan yang terbaik. Apalagi skuad Garuda akan bermain di kandang sendiri.

’Kemenangan ini menjadi modal penting bagi kita untuk pertandingan selanjutnya. Saya yakin kita bisa mewujudkannya,’’ jelas Sandy.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *