Home SPORT

Perjuangan Lolos Olimpiade Paris Belum Berakhir, Fokus Laga Berikutnya!

Bakti M. Munir
Pemain Timnas Indoneszia U-23 Witan Sulaiman mendapat tackling di area kotak penalti dari pemain Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam. (Foto: PSSI)
Pemain Timnas Indoneszia U-23 Witan Sulaiman mendapat tackling di area kotak penalti dari pemain Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024). 

Hasil ini membuat Garuda Muda gagal lolos ke babak final Piala Asia U-23 2024. Meski begitu masih ada peluang lolos ke Olimpiade 2024 dengan meraih kemenangan pada laga perebutan tempat ketiga.

Lawan Indonesia adalah tim yang kalah pada partai semifinal lainnya antara Jepang melawan Irak. 

Babak pertama pertandingan berlangsung sengit. Uzbekistan tampil menekan dengan pressing tinggi. Anak asuh pelatih Shin Tae-yong mengimbangi dengan mengandalkan serangan balik cepat. Tidak ada gol yang tercipta sampai turun minum.

BACA JUGA: Kantongi Rahasia Permainan Hebat Uzbekistan, Shin Tae-yong:  Kita Punya Kesempatan Menang

Pada babak kedua, Indonesia mulai mampu merepotkan pertahanan Uzbekistan. Bahkan, Indonesia sempat unggul pada menit 60 lewat Muhammad Ferarri.

Ferarri menyambar bola liar yang bergulir di depan gawang Uzbekistan setelah penjaga gawang Abduvakhid Nematov tidak sempurna dalam menghalau bola yang dikirimkan Pratama Arhan.

Sayangnya, gol ini dianulir setelah wasit Shen Yinhao mengecek VAR. Ramadhan Sananta yang melakukan assist dinyatakan berdiri dalam posisi offside sebelum gol tercipta.

Uzbekistan kemudian berhasil menemukan celah di pertahanan Indonesia pada menit 68. Gawang Ernando Ari jebol melalui sepakan Khusain Norchaev setelah menerima umpan dari Muhammadkodir Hamraliev.

BACA JUGA: Garuda Muda Siap Lanjutkan Kejutan: Lolos ke Olimpiade!

Petaka bagi Garuda Muda datang di menit 82 saat anak asuh Shin Tae-yong berusaha mengejar ketertinggalan. Kapten tim, Rizky Ridho mendapatkan kartu merah di menit 82 karena dianggap sengaja melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov.

Uzbekistan lalu berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 setelah Pratama Arhan malah melakukan gol bunuh diri.

Arhan yang bermaksud menghalau bola yang bergulir di depan gawang Indonesia justru membuat kesalahan besar. Ia salah melakukan sapuan sehingga bola masuk ke gawang sendiri.

Skor 0-2 bertahan hingga peluit akhir. Indonesia akan melanjutkan perjuangan di laga perebutan tempat ketiga untuk merebut tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *