Home SPORT

Garuda Muda Siap Lanjutkan Kejutan: Lolos ke Olimpiade!

Bakti M. Munir
Para pemain Timnas U-23 yang tampil di Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda kembali akan bertanding melawan Uzbekistan pada semifinal yang digelar Senin (29/4/2024) malam. (Foto: PSSI)
Para pemain Timnas U-23 yang tampil di Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda kembali akan bertanding melawan Uzbekistan pada semifinal yang digelar Senin (29/4/2024) malam. (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Timnas Indonesia U-23 selangkah lagi akan meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.  Laga melawan Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 Senin (29/4/2024) malam jadi arena pembuktian.

Jika mampu mengalahkan Uzbekistan, bukan hanya tiket final Piala Asia U-23 yang digenggam anak asuh Shin Tae-yong. Garuda Muda sekaligus akan tampil di ajang pesta olahraga terbesar sejagat di Paris, Prancis, Juli hingga Agustus mendatang.

Indonesia memiliki memori indah saat tampil di Olimpiade Melbourne 1956. Momentum bersejarah tersebut sudah 68 tahun berlalu.

BACA JUGA: Kantongi Rahasia Permainan Hebat Uzbekistan, Shin Tae-yong:  Kita Punya Kesempatan Menang

Saat itu Indonesia mendapat pujian setinggi langit lantaran saat bertanding melawan Uni Soviet yang diperkuat kiper legendaris Lev Yashin, Ramang cs  mampu bermain seri 0-0.

Harapan untuk mengulang sejarah manis itu kini terbentang. Memang bukan pertandingan mudah lantaran tim Serigala Putih yang jadi lawan merupakan tim kuat, bahkan yang terbaik di pentas Piala Asia U-23 2024.

Melaju ke semifinal dengan sangbat impresif, yakni mencetak 12 gol tanpa kebobolan sekali pun adalah garansi bahwa anak asuh Timur Kapadze ini tim yang kuat dan solid.

BACA JUGA: Uzbekistan Punya Rekor Impresif Ini, Garuda Muda Wajib Ekstrawaspada

Dari sisi peringkat FIFA, Uzbekistan juga di atas Indonesia. Negara Asia tengah ini berada di rangking 64, terpaut 70 anak tangga dari Indonesia di peringkat 134. Uzbekistan juga pernah meraih Piala Asia U-23 pada 2018.

Namun, statistik mentereng tidak selalu paralel dengan fakta di atas lapangan. Bukan tidak mungkin Garuda Muda yang akan melanjutkan kejutannya.

Meski berstatus tim debutan di putaran final di Piala Asia U-23, Indonesia menapak semifinal dengan terlebih dulu menjungkalkan tim tangguh Korea Selatan, Australia, dan Yordania.

BACA JUGA: Terus Bikin Kejutan di Piala Asia U-23, Garuda Muda Selangkah Lagi Lolos Olimpiade Paris 2024

Pelatih Timnas U-23 Shin Tae-yong pun memotivasi anak asuhnya untuk mengalahkan lawan. Shin mengatakan, tidak ada alasan lagi, Indonesia U-23 harus merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

“Saya tidak tahu apakah Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya. Saya mendengar terakhir berlaga di Olimpiade Melbourne 68 tahun lalu. Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi),” ujarnya di kutip di laman pssi.org, Senin (24/42024).

BACA JUGA: Sejarah Baru! Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Tumbangkan Korsel lewat Adu Penalti

Shin yang mengaku sudah tahu rahasia permainan hebat Uzbekistan mengaku tidak tertekan dengan statistik yang dimiliki lawan.

“Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade,” tandasnya.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *