Seperti Ini Kesiapan Subholding Pelindo Jasa Maritim Sambut Arus Mudik

Al-Qadri Ramadhan
Ilustrasi aktivitas Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM). (Foto: Dok. SPJM)
Ilustrasi aktivitas Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM). (Foto: Dok. SPJM)

JAKARTA, Quarta.id- Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai bagian dari Pelindo Group, berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan layanan logistik selama ramadhan dan mudik Idulfitri tahun ini.

Corporate Secretary SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, melalui siaran pers yang diterima Quarta.id, Sabtu (23/3/2024) memastikan optimalisasi layanan marine, peralatan dan layanan utilitas di pelabuhan.

BACA JUGA: Pelindo Regional 4 Pastikan Arus Mudik Melalui Pelabuhan Makassar Terkendali

“Untuk menjaga kelancaran arus kapal yang membawa penumpang maupun barang, jajaran kami di seluruh Indonesia senantiasa berkordinasi dengan seluruh stakeholder di pelabuhan untuk mendukung layanan pemanduan yang berperan untuk menyandarkan dan membantu kapal untuk berangkat dari dermaga, “ tutur Patrick.

Patrick menambahkan, untuk layanan marine, kesiapan kapal pandu dan para awak yang akan mengoperasikan kapal telah senantiasa diingatkan untuk menjaga keselamatan kapal maupun dirinya sendiri dengan memperhatikan aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L).

BACA JUGA: 26 Juta Orang Diprediksi Bergerak Serentak Saat Puncak Mudik 8 April, Pengamat Ingatkan Hal Ini

Demikian pula petugas operasional pelayanan segmen peralatan dan utilitas, juga intens dilakukan penyadaran akan pentingnya K3 dalam kegiatan operasional. Sementara jajaran Direksi dan manajemen rutin melakukan management walkthrough untuk memastikan semua aspek kesiapan operasional terjaga.

Patrick juga menyampaikan dukungan digitalisasi layanan marine dengan kehadiran aplikasi Phinnisi yang terus di-upgrade.

“Phinnisi merupakan platform sistem operasi layanan kapal yang dikembangkan oleh Pelindo, yang bersifat End-To-End, menyediakan fitur terpadu sepenuhnya sebagai Order Management, Front-End dan Back-End dalam proses Layanan Kapal, serta mendukung pemenuhan siklus Order-To-Cash dan Record-To-Report dalam satu platform,” kata Patrick.

BACA JUGA: 26 Juta Orang Diprediksi Bergerak Serentak Saat Puncak Mudik 8 April, Pengamat Ingatkan Hal Ini

Layanan marine lainnya yang disediakan oleh SPJM adalah pemanduan dan penundaan kapal.

“Hal ini sangat siginifikan apalagi pada masa menjelang hari raya dan libur seperti pada Ramadhan dan Idulfitri, dimana jumlah penumpang dan barang yang berkorelasi dengan jumlah arus kapal turut meningkat,” ucap Patrick.

Patrick menyampaikan, Kapal-kapal pandu dan tunda untuk pelayanan yang dioperasikan oleh anak usaha SPJM, rutin dilakukan pengecekan kesiapan, termasuk ketersediaan spare part kritikal jika terjadi permasalahan tekhnis bisa dengan cepat teratasi.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem Landa Merak-Bakauheni, ASDP Sempat Tunda Seluruh Jadwal Pelayaran

Hal lain yang dipersiapkan SPJM adalah pemantauan cuaca dengan memperhatikan informasi dari BMKG sehingga dapat diantisipasi dengan lebih dini. Termasuk kordinasi terkait potensi cuaca ekstrim, dimana SPJM rutin berkoordinasi dengan BMKG dan instansi terkait untuk mitigasi risikonya.

Di stream jasa peralatan, Patrick menyampaikan bahwa kesiapan SPJM sudah dimaksimalkan terutama dalam menjaga kesiapan peralatan di pelabuhan dalam mendukung proses bongkar muat barang. Demikian pula dengan kesiapan layanan utilitas pelabuhan yang diberikan oleh SPJM group melalui anak-anak usahanya.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *