Home SPORT

Prestasi Indonesia Meningkat Pesat, Erick Thohir:  Program Timnas Sudah On the Track

Bakti M. Munir
Skuad Garuda Muda saat tampil di laga play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea, Kamis (9/5/2024). (Foto: PSSI)
Skuad Garuda Muda saat tampil di laga play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea, Kamis (9/5/2024). (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id–  Indonesia belum berhasil tampil di Olimpiade Paris 2024 karena kalah 1-0 di pertandingan play-off melawan Guinea, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Namun, Timnas Indonesia U-23 menunjukkan peningkatan kualitas permainan yang pesat.  Prestasi Indonesia bahkan melesat dengan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Hasil tersebut tergolong fenomenal karena Indonesia yang merupakan tim debutan di Piala Asia U-23 langsung menggebrak dengan menumbangkan tim kuat seperti Australia dan Korea Selatan.

BACA JUGA: Indonesia Gagal Tampil di Olimpiade, Harus Berjuang Empat Tahun Lagi

Ketua Umum PSSI Erick memercayai program yang dijalankan sudah di jalur yang tepat. Program tersebut  mengandalkan kualitas talenta muda, pemain naturalisasi, dan training jangka panjang.

Dia menyebut timnas Indonesia saat ini punya generasi emas karena menelurkan pemain muda sekelas Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Rizki Ridho, dan Ernando Ari, serta pemain naturalisasi.

“Lalu kita punya blueprint hingga 2045, dan kita konsisten lakukan training jangka panjang.  Artinya program yang kita jalankan sudah on the track. Kita akan konsisten dan perbaiki yang masih kurang. Karena bagaimanapun, dengan pencapaian timnas U-23 ini kita punya kebanggaan baru,” kata Erick, Kamis (9/5/2025) malam dikutip di laman pssi.org.

BACA JUGA: Pelatih Guinea Ultimatum Pemainnya Jelang Lawan Indonesia: Harus Menang, Apapun Caranya!

Erick menyatakan perjalanan panjang dan pencapaian tim U-23 Indonesia selama Piala Asia U-23 hingga babak play-off Olimpiade 2024 Paris telah menasbihkan sejarah, sekaligus babak baru sepak bola Indonesia.

“Kita memang belum berhasil menginjak Olimpiade kali ini. Namun perjalanan panjang dan pencapaian yang ditorehkan para pemain, pelatih, dan ofisial timnas sejak Piala Asia, hingga playoff menunjukkan sepakbola kita punya kualitas untuk tampil di Olimpiade,” ujarnya.

BACA JUGA: Meski Hubner dan Baggott Gagal Perkuat Garuda Muda, Shin Tae-yong Bertekad Beri yang Terbaik

“Saya salut dan kita targetkan Olimpiade berikutnya. Terima kasih untuk perjuangan kalian,” lanjut Erick yang menonton langsung perjuangan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Paris.

Timnas Indonesia  U-23 harus mengakui keunggulan Guinea 1-0 di pertandingan play-off yang digelar di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis (9/5/2024).

Hasil ini membuat penantian 68 tahun Indonesia untuk tampil di olimpiade belum berhasil diakhiri. Indonesia harus menanti empat tahun lagi dengan mengikuti kualifikasi Olimpiade Los Angeles 2028.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *