PT ASDP Hapus Kebijakan Tiket Hangus pada Saat Arus Balik Lebaran

Al-Qadri Ramadhan
Kapal ferry bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. PT ASDP menerapkan kebijakan penghapusan tiket hangus bagi kendaraan pada saat arus balik Lebaran, 11-21 April 2024. (Foto: asdp.id)
Kapal ferry bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. PT ASDP menerapkan kebijakan penghapusan tiket hangus bagi kendaraan pada saat arus balik Lebaran, 11-21 April 2024. (Foto: asdp.id)

MERAK, Quarta.id- PT ASDP Indonesia Ferry menerapkan kebijakan menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa sampai dengan 24 jam sejak pengguna jasa masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran pada 11-21 April 2024.

Kebijakan ini diperuntukkan bagi pengguna jasa yang telah bertiket khususnya di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, kebijakan ini sebagai bentuk antisipasi ketidaknyamanan pemudik seperti saat arus mudik lalu. Penghapusan tiket kedaluwarsa ini berlaku bagi kendaraan penumpang golongan II dan IVA.

BACA JUGA: 1,5 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Selama Arus Mudik, Tertinggi Arah Trans Jawa dan Bandung

“Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang,” ujarnya dikutip di laman asdp.id, Kamis (11/4/2024).

Shelvy lantas menyarankan kepada seluruh pengguna jasa untuk mempersiapkan perjalanan arus balik yang akan dimulai pada Kamis (11/4/2024), dan puncaknya diperkirakan terjadi pada Minggu (14/4/2024) atau H+3 Lebaran 2024.

Dia juga menyarankan pemudik untuk mempersiapkan perjalanan dengan matang dengan membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota.

BACA JUGA: Pesawat Udara Angkutan Umum yang Paling Banyak Digunakan pada Mudik Lebaran 2024

“Pastikan sudah bertiket sebelum Anda berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket,” ujarnya.

Sementara bagi pengguna jasa yang masih belum waktunya tiba di Pelabuhan, maka dapat beristirahat terlebih dahulu di Rest Area yang tersedia. Untuk informasi mengenai layanan tiket online dapat diperoleh pada Buffer Zone yang disiapkan ASDP atau menghubungi petugas contact centre di 021-191 atau 0811-1021191.

BACA JUGA: Ini Tips dari Ahli Kesehatan IDI agar Perjalanan Mudik Nyaman, Aman, dan Selamat

Data Posko Merak mencatat, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatra mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik 5% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang. Sedangkan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatra ke Jawa mulai dari H-7 hingga H tercatat 313.965 orang atau naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 304.869 orang.

Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat  59.013 unit atau naik 6% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.795 unit.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *