Home SPORT

Pecahkan Rekor Pemain Termahal Spurs, Solanke Bakal Jadi Jelmaan Harry Kane? 

Bakti M. Munir
Dominic Solanke dengan seragam Tottenham Hotspur. (Foto: X/@SpursOfficial)
Dominic Solanke dengan seragam Tottenham Hotspur. (Foto: X/@SpursOfficial)

LONDON, Quarta.id- Domonic Solanke resmi menjadi pemain klub Premier League Tottenham Hotspur. Penyerang berusia 26 tahun tersebut didatangkan ke London Utara dengan nilai transfer £65 juta  atau setara Rp1,3 triliun.

Penyerang yang musim lalu memperkuat klub Premier League Bournemouth itu memecahkan rekor transfer termahal The Lyliwhites yang sebelumnya dipegang Tanguy Ndombele.

BACA JUGA: VAR Berpeluang Besar Dihapus di Premier League Musim Depan, Ini Sebabnya

Solanke yang terikat kontrak hingga 2030 sudah diperkenalkan kepada pendukung Spurs pada laga pramusim antara Tottenham melawan Bayern Munchen, Sabtu (10/8/2024) di Stadion Tottenham Hotspur.

Penyerang berkebangsaan Inggris ini akan menjadi andalan pelatih kepala Spurs Ange Postecoglou di lini depan sebagai penyerang tengah. Dia menempati posisi yang ditinggalkan legenda hidup Spurs Harry Kane yang pindah ke Bayern Munchen musim lalu.

Sejak kepergian Kane, praktis The Lilywhites tidak memainkan striker murni. Peran tersebut sebenarmya dijalankan oleh Richarlison namun striker asal Brasil tersebut kerap dibekap cedera.

BACA JUGA: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Tampil di Premier League Musim Depan

Mampukah Solanke menjadi mesin gol baru pengganti Kane yang tercatat sebagai top skor sepanjang masa klub asal London Utara? Fans Spurs boleh berharap banyak. Musim lalu, Solanke sukses mencetak 19 gol di Premier League untuk Bournemouth.

Di lini depan Spurs, Solanke akan menjadi trisula bersama Son Heung-min di sisi kiri dan Dejan Kulusevski di sisi kanan. Sangat menarik menantikan trio ini mengeksplorasi sepertiga pertahanan lawan dengan strategi Postecoglou yang terkenal dengan gaya menyerangnya.

BACA JUGA: UEFA Resmi Ubah Format Liga Champions, Gunakan Sistem Liga, Pertandingan Lebih Banyak

Musim lalu, Spurs hanya mampu menyarangkan 74 gol, paling rendah di antara 7 tim teratas Premier League. Ini membuktikan bahwa kepergian Kane memang menyisakan lubang yang cukup menganga di Spurs. Kedatangan Solanke diharapkan menjawab masalah tersebut.

Incaran Lama Postecoglou

Postecoglou mengakui kalau dia memang mengidamkan penyerang yang mengawali karier di Chelsea pada 2014 sebelum pindah ke Liverpool di musim 2017-2018 tersebut.

“Jelas saya sangat ingin merekrutnya. Butuh waktu lama untuk mewujudkannya, tetapi saya pikir dia akan sangat cocok bagi kami dalam hal pemain seperti apa dia dan titik kariernya saat ini,” kata Postecoglou dikutip di footballlondom.com, Senin (12/8/2024).

BACA JUGA: Harry Kane yang Berjuang Melawan Kutukan

“Kami mengidentifikasinya karena dia memiliki atribut yang kami cari dalam hal posisi kami. Dia memberi kami beberapa hal yang mungkin telah kami lewatkan dalam 12 bulan terakhir, terutama saat Richarlison absen tahun lalu,” papar pelatih asal Australia tersebut.

Gagal di Chelsea Bersinar di Bournemouth

Solanke memulai kariernya bersama Chelsea dan tampil mengesankan di tim muda klub itu. Penampilannya yang mengesankan membuatnya mendapatkan debut tim utama pada Oktober 2014, melawan NK Maribor di Liga Champions UEFA. Dia menjadi pemain termuda Chelsea yang tampil dalam kompetisi tersebut.

BACA JUGA: Tahun Suram Klub Inggris, Tak Ada Wakil di Semifinal Liga Champions dan Liga Eropa, Hanya di Liga Konferensi

Pada Agustus 2015, ia dipinjamkan ke klub Belanda Vitesse Arnhem, di mana ia tampil 26 kali di semua kompetisi, dan mencetak tujuh gol.

Dia lalu bergabung dengan Liverpool menjelang musim 2017/18. Dia melakukan debutnya untuk klub Merseyside tersebut bulan berikutnya. 

BACA JUGA: Spanyol Raja Baru Eropa, Kalahkan Inggris 2-1 di Final Euro 2024

Selama masa baktinya di Anfield, ia tampil 27 kali di semua kompetisi dan mencetak gol pertamanya di Liga Primer pada Mei 2018, melawan Brighton.

Pada Januari 2019, ia pindah ke Bournemouth dan tampil 10 kali di paruh kedua musim tersebut. 

Solanke tampil reguler untuk Cherries pada musim berikutnya dan pada musim 2020/21 ia menyelesaikan musim tersebut sebagai pencetak gol terbanyak bersama klub tersebut di Championship. 

BACA JUGA: Argentina Raih Trofi ke-16 Copa America, Terbanyak Koleksi Gelar Juara

Musim 2021/22 menjadi musim terbaik Solanke, dia mencetak 29 gol dalam 46 penampilan, memuncaki daftar pencetak gol Championship.

Selain membantu timnya meraih promosi kembali ke Liga Primer, ia juga dinobatkan sebagai Tim Terbaik EFL Championship 2021/22 dan Tim Terbaik PFA Championship.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *