Home SPORT

Indonesia vs Australia di GBK Malam Ini, Shin Tae-yong Janjikan Garuda Tampil Pantang Menyerah

Bakti M. Munir
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat menyampaikan keterangan pers jelang laga Timnas melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024). (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat menyampaikan keterangan pers jelang laga Timnas melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024). (Foto: PSSI)

JAKARTA, Quarta.id– Laga seru akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam saat Timnas Indonesia menjamu Australia pada laga kedua Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas senior Australia mengalahkan Indonesia 4-0 pada pertemuan terakhir di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024) malam.

BACA JUGA: Garuda Muda Buat Kejutan, Tumbangkan Australia 1-0

Berdasarkan statistik pertemuan kedua timnas, Indonesia memang kalah jauh dari Negeri Kanguru. Meski begitu, Indonesia pernah mengalahkan Australia.

Sejauh ini timnas Indonesia sudah 16 kali berhadapan dengan The Socceroos.

Dominasi Australia atas skuad Garuda sangat mencolok. Australia menang 12 kali, Indonesia hanya menang sekali, selebihnya imbang tiga kali.

Bahkan, kemenangan Indonesia atas Australia terjadi 42 tahun lalu, yakni pada 30 Agustus 1981. Saat itu Indonesia menang 1-0 berkat gol tunggal Herry Risdianto di Stadion Gelora Senayan (SUGBK). 

BACA JUGA: Timnas Australia Puji Skuad Muda Garuda, Juluki Marselino Ferdinan “Golden Boy” Indonesia

Namun, di level kelompok usia U-23, Indonesia belum lama ini justru mempermalukan Australia. Timnas Garuda Muda membuat kejutan besar dengan mengalahkan Australia 1-0 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 di Doha, Qatar, 18 April 2024.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui Australia adalah lawan yang kuat sehingga laga di depan pendukung sendiri ini tidak mudah. Skuad Garuda disebutnya butuh kerja keras demi meraih kemenangan.

“Pertandingan besok memang tidak mudah bagi kami karena Australia berada di ranking 20-an FIFA sedangkan Indonesia di posisi 130-an, jadi pasti ini akan jadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami,” kata Shin Tae-yong.

BACA JUGA: Pelatih Australia Puji Permainan Indonesia: Mereka Menyulitkan Kami

Kekalahan Australia dari Bahrain 0-1 di kandang sendiri pada laga pertama tidak jadi tolok ukur bagi Shin Tae-yong untuk menyimpulkan bahwa Indonesia dapat menang mudah atas Socceroos. Apalagi laga nanti diprediksi Australia bakal bangkit.

“Saat ini kondisi pemain bagus, para pemain tidak akan pernah menyerah. Bagaimana pun caranya, mereka akan menjadikan laga kandang ini sebagai pertandingan yang baik melawan Australia,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

BACA JUGA: Media Australia Ulas Kekalahan Mengejutkan Timnasnya dari Indonesia, Kecam Strategi Pelatih

Shin Tae-yong juga menambahkan, bahwa skuad Garuda akan bermain kolektif baik dalam menyerang maupun bertahan.

“Kami memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, semoga laga melawan Australia meraih kemenangan,” tukas Shin Tae-yong.

Australia, memang akan tampil mati-matian saat melawan Indonesia. Secara mengejutkan Maty Ryan cs tumbang di kandang sendiri saat melawan Bahrain di laga pertama.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *