Home SPORT

Bertarung di Nomor Speed, Tiga Atlet Panjat Tebing Indonesia Berjuang Masuk Semifinal Olimpiade

Bakti M. Munir
Atlet panjat tebing Indonesia Vreddiq Leonardo lolos ke perempat final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024. (Foto: web FPTI)
Atlet panjat tebing Indonesia Vreddiq Leonardo lolos ke perempat final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024. (Foto: web FPTI)

PARIS, Quarta.id – Indonesia masih memiliki harapan untuk bisa menambah medali di Olimpiade Paris 2024. Harapan tersebut antara lain terdapat di cabang panjat  tebing yang masih menyisakan tiga atlet yang lolos ke babak perempat final. 

Atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo berhasil lolos ke perempat final nomor speed putra setelah mencatatkan waktu 4,79 detik pada babak seeding heats, Selasa, (6/8/2024) waktu Paris.

BACA JUGA: Gagal ke Final, Gregoria Sukses Raih Perunggu Tanpa Bertanding

Vreddiq sempat menyamai rekor dunia milik Samuel Watson asal Amerika Serikat yang ia pecahkan di IFSC Sport Climbing World Cup Wujiang 2024 sekaligus juga memecahkan Rekor Olimpiade (WR Olympic). 

Namun, catatan rekor Vreddiq tersebut hanya bertahan sebentar sebelum dipatahkan lagi oleh Samuel Watson yang mencatakan waktu 4,75 detik di hari yang sama pada elimination heats.

Pada babak elimination heats, Veddriq harus berhadapan dengan rekan senegaranya sesama atlet asal Indonesia, Rahmad Adi Mulyono yang sebelumnya berhasil mencatatkan waktu 5,07 detik saat mengambil Line B di babak seeding heats. 

BACA JUGA: Petinju Wanita Italia Menangis Tak Kuat Lawan Transgender, Komite Olimpiade Dikecam

Veddriq lalu berhasil mengalahkan Rahmad Adi dengan catatan waktu 4,98 detik, sementara Rahmad Adi menyelesaikan waktu 5,13 detik.

Langkah Veddriq akan terus berlanjut ke perempat final setelah catatan terbaiknya di seeding heats 4,79 detik bertengger di urutan kedua tercepat setelah Samuel Watson yang sukses membuat waktu tercepat dengan memecahkan rekor dunia seklaigus Rekor Olimpiade (WR Olympic) baru yakni 4,75 detik.

BACA JUGA: Gaya Swag Atlet Menembak Turki, Tak Pakai Pelindung Mata dan Telinga tapi Raih Perak Olimpiade

Sementara itu, langkah Rahmad Adi Mulyono harus terhenti karena catatan waktu terbaiknya di babak seeding heats 5,07 harus tergeser oleh catatan waktu Alipour Alireza asal Iran.

Dengan hasil ini, Tim Panjat Tebing Indonesia berhasil menempatkan dua wakil atlet speed putri (Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah) dan satu atlet speed putra di babak perempat final. 

Perempat final akan digelar pada 7 Agustus 2024 untuk putri dan 8 Agustus 2024 untuk perempat final putra.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *