Influencer BUMN: Cara Kementerian BUMN Bangun Brand, Libatkan Konten Kreator hingga Sutradara Film

Ahmad Riyadi
Karyawan BUMN dari kalangan Gen Z yang dilatih untuk menjadi Influencer BUMN. Salah satu kegiatan pelatihan dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan baru-baru ini. (Foto: Istimewa)
Karyawan BUMN dari kalangan Gen Z yang dilatih untuk menjadi Influencer BUMN. Salah satu kegiatan pelatihan dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan baru-baru ini. (Foto: Istimewa)

MAKASSAR, Quarta.id- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggaet karyawan dari kalangan muda (Gen Z) untuk menjadi influencer dengan sebutan influencer BUMN.

Pada Kamis (20/06/2024) hingga Sabtu (22/06/2024), untuk keenam kalinya, Kementerian BUMN melatih influencer BUMN terkait kiat dan trik menjadi influencer yang handal.

Melalui siaran pers yang diterima Quarta.id Rabu (26/462024) Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, pihaknya terus mendorong kapabilitas digital yang dimiliki oleh karyawan BUMN, salah satunya melalui Workshop Influencer BUMN Sulawesi di Hotel MaxOne, Makassar.

BACA JUGA: Kolaborasi Dua BUMN Kembangkan Potensi Perikanan di Timur Indonesia

Kegiatan dimaksud dihadiri oleh total 100 orang influencer BUMN dari seluruh Sulawesi dengan materi pembekalan terkait strategi pemanfaatan media sosial secara maksimal, termasuk di dalamnya cara membuat konten yang menarik, menyusun narasi komunikasi, dan membangun brand bagi perusahaan dan diri sendiri.

Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyampaikan, dengan kapabilitas digital yang baik dari influencer BUMN, salah satu manfaatnya adalah terbentuknya sebuah branding yang dapat menguntungkan bagi perusahaan dan diri sendiri.

Menurut Arya, kapabilitas digital itu penting, harus paham apa guna dan manaafaat media sosial. Kita perlu menunjukan kepada masyarakat terkait pekerjaan-pekerjaan BUMN yang memang positif dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

BACA JUGA: Perkuat Daya Tarik Wisata Pelabuhan Paotere, Pelindo dan Pemkot Makassar Gelar Utara Fest 2024

“Semakin sering seseorang menyebarkan berita baik mengenai perusahaannya, maka itu akan membentuk branding yang kuat bagi perusahaan dan diri dia sendiri. Dari situlah, maka jalan-jalan akan terbuka, baik untuk pengembangan diri ataupun untuk menunjang BUMN tempat bekerja semakin maju”, ujar Arya.

Workshop Influencer BUMN Makassar yang menjadi perwakilan Pulau Sulawesi ini merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan Pelindo, Semen Indonesia (SIG), dan BTN.

Sebelumnya, telah dilaksanakan untuk kegiatan serupa yang mencakup wilayah Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali-Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

BACA JUGA: Rektor ITB Bagikan Tips “AIR”, Kiat Sukses Anak Muda Indonesia di Masa Depan

Abdul Azis, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, dalam sambutannya di pembukaan kegiatan menyebutkan bahwa peran pegawai dalam menyebarkan program dan capaian perusahaan di media sosial menjadi perhatian khusus.

“Karena saat ini pemberitaan negatif yang muncul di masyarakat dapat diantisipasi dengan adanya sebaran-sebaran informasi positif dari media sosial pegawai,” ucap Abdul Azis.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa sesi, salah satunya berupa talkshow mengenai story telling dan manajamen media sosial. Terdapat sejumlah pembicara yang turut memberikan ilmu bagi peserta, yaitu Kamila Andinisari, Sutradara Film yang terkenal melalui film seri ‘Gadis Kretek’.

Ada pula Tommy Teja dan Reynaldi Francois, Konten Kreator serta CEO Zando. Serta pembicara dari kalangan internal BUMN.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *