JAKARTA, Quarta.id- Sebanyak 30 jenama produk fesyen modest Indonesia siap mengikuti acara puncak Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 yang dilaksanakan pada 9 sampai 12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.
Jenama-jenama itu merupakan hasil partisipasi seminar dan kurasi bertajuk “Road To JMFW 2025” yang dilakukan di empat kota oleh Kementerian Perdagangan, bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Merry Maryati, menyampaikan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 akan mempertemukan pelaku usaha dengan buyer dari luar negeri, sehingga produk fesyen yang diproduksi pelaku usaha lokal dapat bersaing di dunia internasional.
BACA JUGA: Pameran Deep and Extreme Indonesia Didorong Kembangkan Skema B2B
Hal itu ia sampaikan Merry alam sambutannya pada seminar dan kurasi Road to JMFW di Bogor, Jawa Barat yang dilaksanakan pada Rabu (5/6/2024) lalu.
“Pada acara puncak JMFW Oktober 2024 nanti, pelaku usaha dipertemukan dengan buyer dalam dan luar negeri yang telah diundang. Diharapkan para pelaku usaha terpilih akan memanfaatkan kesempatan ini dengan menampilkan koleksi terbaiknya, baik saat peragaan busana maupun pameran produk,” ujar Meryy pada siaran pers Kemendag yang dipublikasi Jumat (7/6/2024).
BACA JUGA: Komodo Travel Mart 2024: Penguatan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas
Adapun seminar dan kurasi Road to JMFW di Bogor mengangkat tema ”Indonesia as The Center of Global Modest Fashion”. Tema itu sejalan dengan target Indonesia untuk mendeklarasikan diri sebagai pusat fesyen modest dunia di tahun ini.
Acara Road to JMFW tersebut turut dihadiri Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu serta Nur Asia Uno sebagai kurator tamu.
BACA JUGA: Catat! Ini 10 Top Event Karisma Event Nusantata (KEN) 2024
Hadir sebagai narasumber pada acara ini, yaitu Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Putu Rahwidhiyasa, Paragon Beauty Academy Manager, Indah Widhiastuti, serta Chief Marketing Officer, Artkea Atya Sardadi.
Sebelumnya, acara puncak JMFW 2024 diikuti lebih dari 214 desainer yang menampilkan lebih dari 1.000 koleksi. Ajang tersebut ditutup dengan membukukan transaksi sebesar USD 20,1 juta atau setara dengan Rp330 miliar. Nilai ini naik dibanding capaian tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 13,2 juta atau setara Rp260 miliar.