Home SPORT

Kalah 1-2 dari China, Garuda Harus Bangkit di Laga Berikutnya

Bakti M. Munir
Aksi pemain Timnas Indonesia Ivan Jenner dan Nathan Tjoe-A-On saat menghadapi Timnas China, Selasa (15/10/2024) malam.
Aksi pemain Timnas Indonesia Ivan Jenner dan Nathan Tjoe-A-On saat menghadapi Timnas China, Selasa (15/10/2024) malam.

QINGDAO, Quarta.id- Indonesia masih tertahan di posisi kelima klasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia seusai kalah dari tuan rumah China 1-2, Selasa (15/10/2024) malam.

Ini merupakan kekalahan pertama yang diderita Tim Garuda setelah sebelumnya meraih tiga hasil imbang. Garuda tetap mengemas tiga poin.. China masih terdampar di dasar klasemen juga dengan tiga poin, namun kalah selisih gol dari Indonesia.

BACA JUGA: Jangan Lengah, Garuda Wajib Waspadai Kebangkitan Tim Naga

Masih ada lima laga tersisa dan berikutnya Indonesia akan menjadi tuan rumah melawan Jepang pada 15 November 2024.

Bertanding di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Indonesia tampil dengan permainan terbuka dan menyerang di awal-awal pertandingan, namun China tampil dengan daya juang yang sangat tinggi.

Garuda kebobolan dua gol di babak pertama akibat organisasi pertahanan yang lengah dan kurang rapi. Gol-gol China dicetak Behram Abduweli pada menit 21 dan Zhang Yuning di menit ke-44.

BACA JUGA: Terima Golden Visa dari Presiden Jokowi, Shin Tae-yong Langsung Sampaikan Ikrar Ini

Thom Haye sempat memperkecil keteritnggalan Garuda melalui gol di menit 86. Namun, hingga akhir pertandingan Indonesia yang bermain kurang efektif dalam penyerangan harus mengakui keunggulan China.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi penampilan anak asuhnya meskipun kalah.

Dirinya menilai seluruh pemain telah memberikan yang terbaik dan mampu menunjukkan perlawanan di sepanjang pertandingan.

“Walaupun kalah, Timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan dikutip di laman pssi.org, Rabu (16/10/2024).

BACA JUGA: Dramatis, Indonesia Ditahan Imbang Bahrain 2-2

Bagi Shin, Garuda telah mencoba dengan berbagai cara untuk dapat mencuri poin. Namun China yang tampil di hadapan pendukung sendiri memiliki motivasi lebih tinggi di pertandingan tersebut.

Meski demikian, Shin berharap timnya tak larut dalam kekalahan malam itu. Ia bertekad membawa Garuda bangkit di pertandingan-pertandingan selanjutnya yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

BACA JUGA: Indonesia Dirampok Wasit, Pendukung Garuda Ngamuk di Akun AFC

”Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya dengan kondisi yang jauh lebih baik,” ucapnya.

Hasil negatif di China menjadi kekalahan perdana Timnas Indonesia di putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun hal itu tak mengubah posisi Garuda di klasemen sementara Grup C, yakni berada di peringkat 5 dengan raihan 3 poin.

Ikuti Kami :
Posted in

BERITA LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *